Hijriah atau Hijriyah, mana yang benar?

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai perbedaan penulisan penamaan kalender Islam. Ada yang menulis Hijriah, ada juga yang menulis Hijriyah dan bahkan ada yang menulis dengan Hijriyyah. 

Diantara ketiga penulisan tersebut manakah yang paling benar. 

Pemakai dari ciri-ciri jenis penulisan tersebut tentunya berhak untuk mengklaim bahwa penulisannya lah yang paling betul. Tetapi di artikel ini kami merujuk kepada kamus besar bahasa Indonesia. 

Di KBBI versi terbaru kalender Islam ditulis dengan kata HIJRIAH. Jadi dalam bahasa Indonesia yang baku adalah 'Hijriah'.

Kata Hijriah dihubungkan dengan proses hijrahnya nabi dari kota Mekah ke Kota Madinah. Tahun berlangsungnya hijrah tersebut dihitung sebagai tahun 1 Hijriah. 

Jadi kalau saat ini adalah tahun 1442 Hijriah maka proses berlangsungnya hijrah dari Mekah ke Madinah artinya sudah 1442 Tahun lamanya tapi dihitung berdasarkan kalender Hijriah. Jika dihitung berdasarkan kalender Masehi maka jumlahnya lebih kurang karena hari di penanggalan Hijriah lebih sedikit dibandingkan dengan hari di penanggalan masehi atau miladiah.